Pamit

Bagaimana rasanya kembali tak bersamaku?
Bagaimana rasanya memulai hari tanpa ku sapa?
Bagaimana rasanya melangkah tanpa jemariku yang kau genggam?
Bagaimana rasanya ketika rindu menyergap dan hanya bisa terdiam mengenang?

Tak inginkah bertanya padaku? Seperti apa rasanya ketika bahkan tak satu pun kabar kudapat darimu. Ketika bahkan untuk mencari pun kakiku tak mengerti harus melangkah ke mana.

Pernahkah kau berpikir bagaimana rasanya perpisahan? Ketika semua yang kau harapkan hanya dapat kau telan dan nikmati sendiri. Saat bahkan kepalamu tak mau menoleh lagi dan berlanjut pergi.

Bagaimana rasanya ditinggalkan tanpa kata pamit?

Tanyalah aku. Yang seringkali kau tinggalkan pergi dalam diam dan tak tahu bagaimana caranya memulai hari. Hingga kadang kakiku bahkan buta arah dan terus berjalan sejauh mungkin. Aku tahu rasanya, sayang. Sakit dan tak mudah untuk dijalani.

Sudahkah berpikir bagaimana caranya menjalani semuanya sendiri? Atau bahkan pergiku tak berarti apapun bagimu?

Tenang sayang, aku tak setega itu…
Kau pikir hatiku sekeras apa hingga mampu meninggalkanmu? Sedangkan selama ini saja tak pernah ada terlintas satu kata pun, untuk berpamitan.
Aku hanya sembunyi. Di balik rindangnya pohon yang kau sandari. Di sela bayangan yang tercipta saat kakimu melangkah. Aku tak pernah beranjak, sebenarnya.
Hanya saja, aku ingin kau merasakan bagaimana rasanya ditinggal tak berkabar. Bukan, bukan untuk membalas dendam. Bukan pula ingin menjahili apalagi menghakimi.

Aku, wanita yang mencintaimu sepenuh jiwa, bahkan dengan seluruh hidupnya. Yang hanya ingin kau menghargai tentang penantian, juga tentang cinta yang diberikan. Tentang harapan yang digantungkan, ketika jemari saling bertaut. Ketika janji demi janji dan impian demi impian berusaha kita wujudkan.

Dari Aku, yang mencintaimu.

-Banjarmasin, 17 Maret 2016-

Leave a Reply

