Hidup, Buku!

IMG_20160507_150957

“Coba download aplikasi watt*** deh, bisa baca novel sepuasnya disana, gak susah bawa-bawa” – kata salah satu teman, barusan. Saya jawab dengan kalem, bahwa saya lebih nyaman dengan buku berbentuk fisik. Yang bisa dibawa, dipegang, dan (pastinya) dibaca.

Oke, singkirkan perhitungan hemat kertas dan lain-lain. Kita bicara kenyamanan dan esensi dari sebuah buku fisik. Buat saya yang matanya on-off (baca : rada rabun), buku fisik lebih nyaman dibaca karena gak bikin mata jadi cepat lelah atau silau. Itu alasan kesekian.

Alasan utamanya? Karena buat saya pribadi, ada kepuasan tersendiri, kebanggaan. Ketika kita bisa memiliki buku yang diidam-idamkan, yang dibeli dengan jerih payah sendiri. Sensasi bahagia ketika uang sudah terkumpul, berjalan menuju rak buku, memilih dan terkadang bimbang ketika ada buku yang sama menariknya untuk dibaca. Sampai harus menimbang-nimbang lagi buku mana yang akan dibawa ke kasir.

IMG_20160505_183337.jpg

Sensasi deg-degan (yang hanya segelintir orang yang pernah merasakan), ketika membuka plastik buku untuk pertama kali sejak dibeli. Menyentuh sampulnya, membuka halaman pertama dan membubuhkan tanda kepemilikan buku itu. Mulai membaca halaman demi halaman, yang diakhiri dengan rasa puas karena telah menyelesaikan jalan cerita yang sudah ditunggu lama.

Sensasi yang hanya bisa dirasakan pada buku fisik. Selain itu, buku yang kita punya bahkan bisa dipinjamkan, atau dihadiahkan. Bahkan tak jarang ada yang diwariskan kepada orang-orang terdekatnya.

Ya, mungkin saya memang konservatif. Lebih memilih untuk membaca buku secara fisik, bukan online atau via aplikasi. Karena buat saya, buku ya buku. Yang dicetak atau ditulis di kertas, disampul rapi dan dijual ke pasaran. Yang bisa kita simpan sebagai sebuah warisan ilmu kepada generasi seterusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s