Barusan nengok halaman rumah ada amplop rapi di depan pagar. Dikirain orang nganterin undangan. Pas dibuka isinya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) lengkap dengan cek senilai 1,7 miliar rupiah yang bukan tulis tangan tapi justru diketik di bagian kolom nominalnya.

Beberapa hari yang lalu sempat baca berita serupa di koran, langsung yakin kalau ini salah satu dari modus penipuan yang lagi booming. Sengaja dilempar ke halaman rumah atau jalanan biar dikira gak sengaja jatuh dari tas, kita pungut dan buka, trus kita hubungi nomor yang tertera di suratnya. Nah, setelah orangnya kita hubungi, kitanya yang bakal dikerjain, bisa dengan disuruh kasih nomor rekening yang modusnya buat ngasih komisi karena kita udah jujur mau balikin hasil temuan kita tadi, ujungnya nanti kita yang kena jebakan.

Saran saya, kalau nemu beginian, kasih ke aparat biar bisa ditindaklanjuti. Juga pakai logika, jangan langsung percaya isinya, apalagi rasa-rasanya gak mungkin ada orang seteledor itu naroh amplop isi cek sembarangan.

Waspada ya ๐Ÿ˜Š.

View on Path

2 thoughts on “”

Leave a comment